11

Apakah kawan Lolipop setuju, sehari tanpa online itu rasanya begitu hampa? Baik itu hanya sekedar aktif di jejaring sosial, update informasi atau main game. Kita butuh terkoneksi dengan internet agar hari-hari jadi lebih berwarna. Saking senangnya online, kita sering lupa waktu dan bisa berjam-jam masuk di dunia maya.

Apakah hal ini baik? Jawabannya tidak. Sebuah studi terbaru menyebutkan, bahwa remaja yang terlalu sering dan aktif di internet akan mengalami sejumlah masalah serius. Di antaranya jadi susah tidur, meningkatkan risiko kecemasan dan memicu depresi. Mereka yang keranjingan online, lebih besar terjangkit penyakit mental dan masalah kesehatan lainnya.

Tapi bukan berarti online itu harus dihindari lho. Peneliti dalam studi itu menjelaskan bahwa remaja boleh online dan itu bukan hal negatif. Hal yang perlu digarisbawahi oleh kawan Lolipop ialah soal lamanya waktu untuk berselancar di dunia maya. Bijaklah dalam mengatur jam online, agar tak terjadi hal buruk seperti dijelaskan sebelumnya.

Nah, jika kawan Lolipop ingin mengatur jam online yang ideal berikut ada 3 tantangan menarik buat kamu. Ketiganya sangat fleksibel dan efektif jika kamu konsisten dan diawali dengan niat kuat. Langsung saja yuk kita bahas masing-masing tantangan.

1. Buat Jadwal Sendiri
Kecanduan online itu biasanya karena bosan dan tidak ada aktivitas menarik di dunia nyata. Jadi agar bisa mengelola jam dengan baik, kawan Lolipop perlu membuat jadwal rutinitas sendiri. Buatlah yang simple dan bisa dipatuhi. Intinya jadwal harus menjawab pertanyaan, apa yang akan kamu lakukan di waktu senggang, selain online?

Mungkin tantangan pertama ini merepotkan, tapi percayalah adanya jadwal membuat kawan Lolipop bisa memprioritaskan mana yang penting dan tidak untuk dikerjakan. Jadwal akan membuat diri lebi teratur dan bisa jadi kebiasaan baik ketika dewasa.

2. Berpaut dengan Jadwal
Jadwal tidak akan berguna jika tak dipatuhi. Ini mungkin sangat sulit, tapi dorongan niat bisa jadi semangat tersendiri. Jika perlu ajak orang terdekat kawan Lolipop untuk sama-sama mengatur jam online dan mengatasi kecanduan.

3. Lakukan Kegiatan Lain yang Produktif
Nah, setelah kawan Lolipop berhasil melakukan dua tantangan di atas, yang terakhir ialah menemukan kegiatan lain yang produktif. Jika jeli, banyak lho hal menarik di dunia nyata untuk dilakukan bareng teman. Misalnya ikut pelatihan menggambar, club foto dan sebagainya.

0 Likes
346 Views

Comments are closed.