Remaja

Remaja

Teman LOLIPOP sudah pernah test HIV? Wah bagus dong kalau kamu sudah berani test. Eh tapi apa hasilnya? Reaktif? Jangan panic teman LOLIPOP! Kali ini LOLIPOP akan coba kasih 5 cara agar kamu bisa menerima hasil test kamu yang reaktif (HIV+).

Dunia Belum Berakhir

Menjadi orang yang hidup dengan HIV bukan berarti dunia telah berakhir loh! Sekarang sudah ada obat yang bisa meningkatkan kualitas hidup orang dengan HIV+, namanya Anti-Retroviral. Meskipun tidak bisa menghilangkan virus, namun ARV mampu menekan replikasi virus. Hidupmu masih cukup panjang kalau kamu mau mengonsumsi ARV dengan patuh.  Ada loh teman kita yang masih hidup setelah lebih dari 13 tahun ternfeksi dan mengonsumsi ARV, bahkan masih sehat wal afiat. Jadi hidup kamu belum berakhir ya teman LOLIPOP.

Kamu Tidak Sendirian

Jangan pernah berfikir kalau kamu sendirian, banyak loh remaja yang juga hidup dengan HIV. Kalau kamu berfikir kamu sendirian, kecenderungan kamu untuk

stress, enggan mengonsumsi obat, mengalami masalah kesehatan jauh lebih tinggi. Yuk mulai bergabung dengan support group kalau kamu merasa membutuhkan dukungan teman sebaya. Manfaatnya, kamu bisa sharing informasi terkait kesehatan, cinta, dukungan, dan sebagainya.

Cerita ke Teman yang Kamu Percaya

Remaja

Kalau kamu tipe orang yang tertutup, kamu bisa mulai cerita ke orang yang paling kamu percaya. Tujuannya agar setidaknya kamu bisa lebih tenang untuk menerima status baru kamu. Dan pastikan teman yang kamu percaya adalah orang yang mampu mendukung kamu. Kamu juga bisa loh cerita-cerita ke LOLIPOP lewat whatsapp atau BBM konseling LOLIPOP. Dijamin terpercaya kok[Symbol]

Gali Potensimu

Kalau dunia belum berakhir, bisa loh kamu mulai untuk menggali potensimu lebih dalam. Menjadi orang dengan HIV tidak berarti memberhentikan kamu dari kegemaranmu, justeru menjadi orang yang hidup dengan HIV harus mampu membuktikan bahwa hidup dengan HIV juga bisa melakukan lebih. Kamu masih bisa sekolah lebih tinggi, menjadi dokter, atau kamu juga masih bisa melukis dengan indah.

Jangan Tularkan Ke Orang Lain

Kadang masalah kenapa remaja mudah terinfeksi HIV karena remaja tidak mengetahui status HIV mereka. Nah dengan kamu sudah mengetahui status HIVmu, kamu harus menjadi orang yang tidak menularkan virus ke orang lain. Gak mau kan pacar kamu atau orang lain terinfeksi HIV? Nah kamu bisa memulainya dengan menggunkan kondom ketika berhubungan seks, mulai menghindari penggunaan narkoba suntik. Dan tentunya, serta konsumsi ARV dengan patuh.

Untuk mengetahui status HIV kamu, yuk test HIV teman LOLIPOP

 

Oleh-Achmad Mujoko

0 Likes
445 Views

Comments are closed.