12

Gangguan kesehatan yang kerap dialami remaja masa kini itu sangat kompleks. Perubahan psikis di fase peralihan ini masih jadi sorotan, karena masih banyak menelan korban. Apakah kawan Lolipop tahu bahwa tiap tahun ada peningkatan remaja berusia 15-24 meninggal dunia. Penyebabnya ialah gangguan kesehatan (fisik dan mental) serta sejumlah faktor yang melatarbelakanginya.

Selengkapnya mari kita bahas masalah remaja masa kini, yang memicu gangguan kesehatan serius. Seperti beberapa gangguan di bawah ini:

1. Gangguan Kesehatan karena Gaya Hidup Tidak Sehat
Kawan Lolipop mungkin bisa melihat di sekitar atau mengalami sendiri. Banyak remaja yang terjangkit masalah kesehatan fisik, lantaran gaya hidup tak sehat. Misalnya saja penyakit kulit, jerawat dan gangguan mata. Fisik remaja yang harusnya tumbuh kuat dan tangguh jadi lemah dan rentan terserang penyakit.
Memang kesehatan fisik di usia remaja juga turut dipengaruhi faktor perubahan hormonal. Namun, pemicu beragam penyakit ialah pola makan tidak sehat, kurang berolahraga, lingkungan buruk dan sebagainya. Untuk itu sangat penting kawan Lolipop dan orang tua sadar pentingnya gaya hidup sehat.

2. Kehamilan di Luar Nikah
Fenomena peningkatan masalah ini sangat miris. Banyak remaja yang hamil di luar nikah dan melahirkan setelah dinikahkan secara paksa. Belum lagi angka aborsi yang dilakukan wanita belia. Apa yang kawa Lolipop pikirkan tentang hamil di luar nikah? Jika memang tidak siap dan mengkhawatirkan masa depan, bukankah harusnya lebih bisa mengontrol diri. Di sini juga penting ditekankan tentang pendidikan seks agar jadi bekal saat bergaul.

3. Rokok dan Alkohol
Dua hal ini adalah dampak kenakalan remaja yang paling mudah ditemui di sekitar. Di usia remaja kita mulai mengenal banyak hal baru dan penasaran untuk mencoba, seperti rokok dan alkohol. Namun, lama kelamaan jadi terbiasa dan kecanduan. Kawan Lolipop tentu sudah tahu bahaya rokok dan alkohol, tapi susah berhenti. Alhasil butuh biaya tambahan untuk terapi agar bisa sembuh.

Selain itu, gangguan kesehatan lain yang bisa kawan Lolipop jumpai ialah tertular virus HIV, kekerasan, gangguan mental dan trauma. Kita perlu tahu dan menghindari bahaya ini, jika ingin memiliki masa depan cerah di usia dewasa.

1 Likes
1743 Views

Leave A Comment

Please enter your name. Please enter an valid email address. Please enter message.