Image by ©  /Imaginechina/Corbis

Saya adalah remaja sehat, saya adalah remaja sehat!! Kenapa saya remaja sehat? Karena saya masih berumur 15 tahun, dan saya adalah salah satu remaja yang termasuk golongan sehat dari beribu-ribu bahkan berjuta-juta hingga bermilyar-milyaran remaja yang sehat di dunia, hehehe. Lalu apakah kalian termasuk remaja sehat? Ya? Tidak? Atau bisa jadi? Hayoo jawab jawab ..

Oke kembali ke topik utama, tapi sebelum saya bercerita saya akan menjawab pertanyaan yang saya buat sendiri, wkwkwk *edisi bertanya dan jawab sendiri*

“Memangnya betul sekolah sama lingkungan punya peran yang penting biar kita jadi remaja sehat??” Yapp, betul sekali.

“Perannya lebih penting sekolah atau lingkungan??” Kasih tau gak ya? Kalau menurut saya, keduanya mempunyai peran yang sangat penting. Biar lebih jelas baca cerita saya sampai selesai yaa.

“Jadi remaja sehat itu yang kaya gimana??” Yang kaya akuu, hehehe, scroll down dulu aja deh, nanti juga ketemu jawabannya.

 

Apasih peran sekolah? Kenapa bisa membantu saya menjadi remaja sehat?

Sekolah adalah bangunan atau lembaga untuk belajar dan mengajar serta tempat menerima dan memberi pelajaran.

Peran sekolah yang pertama adalah memberi pelajaran. Maksudnya adalah pasti guru yang ada di sekolah memberi bimbingan kepada murid – muridnya untuk menjadi remaja yang sehat. Contohnya dengan adanya pelajaran yang berhubungan dengan remaja, seperti pelajaran HEBAT, pada pelajaran HEBAT ada pengetahuan tentang keremajaan seperti cara menjadi remaja yang sehat itu gimana, dan lainnya. Selain pelajaran HEBAT, ada juga kok di pelajaran lainnya juga.

Selain itu guru juga membimbing murid – muridnya melalui agama, maksudnya guru membimbing dari sedini mungkin sehingga murid – murid mempunyai kontrol perilaku yang kuat dalam pergaulan apabila melakukan kesalahan agar merasa takut kepada Tuhan.

Kita juga harus mengisi waktu luang dengan kegiatan yang positif. Misalnya menulis cerpen, menggambar, ikut berorganisasi, atau kita juga bisa ekskul.

Di Sekolah juga mungkin ada ekskul PMR, bagi yang mengikuti eksul PMR, dia akan lebih tau tentang kesehatan remaja, bagaimana menjaadi remaja yang sehat, dan sebagian besar juga mungkin mereka akan memberi info kepada teman – temannya tentang bagaimana menjadi remaja yang sehat.

Terkadang juga guru memberikan suatu pengawasan kepada murid – muridnya agar tidak melakukan perbuatan yang menyimpang.

Nah sekarang peran lingkungan itu apa? Kenapa bisa membantu saya menjadi remaja sehat?

Lingkungan adalah daerah yang termasuk didalamnya. Lingkungan keluarga dan lingkungan masyarakat sangat berperan dalam membantu saya menjadi remaja sehat.

Lingkungan merupakan salah satu penyebab pergaulan remaja itu banyak menghabiskan waktu mereka bermain setelah pulang sekolah jadi otomatis mereka lebih banyak berinteraksi sosial dengan lingkungan umum.

Pada lingkungan keluarga, orang tualah yang mempunyai peran besar dalam membantu saya menjadi remaja sehat. Remaja yang merasa bahagia akan bergaul dengan baik , dengan adanya wujud kasih sayang dan perhatian dari orang tua itu sangatlah penting, karena jika kasih sayang dan perhatian dari orang tua kurang, maka remaja akan terjerumus dalam pergaulan tidak sehat.

Orang tua membimbing anaknya dari usia sedini mungkin, orang tua tidak akan membiarkan anaknya menjadi remaja yang tidak sehat. Jika anak tersebut ada masalah dan anak itu menceritakan kepada orang tuanya, orang tua yang baik pasti akan membantunya, dan juga sedikit nasihat untuk anaknya.

Tak lupa, orang tua juga akan memberikan suatu pengawasan. Misalnya orang tua akan menanyakan teman – teman kita itu siapa saja, mainnya dimana, lagi deket dengan siapa, udah punya pacar atau belum, dsb. Orang tua juga akan melakukan pengawasan dalam penggunaan media yang saat ini berkembang sangat pesat.

Selain peran lingkungan keluarga, lingkungan masyarakat juga mempunyai peran, diantaranya :

Memilih teman. Maksudnya dari memilih teman adalah untuk antisipasi agar kita tidak terpengaruh dengan sifat yang tidak baik/sehat. Walaupun begitu, tapi teman yang pergaulannya buruk atau pergaulannya tidak sehat tidak harus kita asingkan. Melainkan kita tetap berteman dengannya tapi kita juga harus menjaga jarak maksunya jangan terlalu dekat dengan dia.

Selain memilih teman, kita juga harus memiliki rasa setia kawan. Maksudnya adalah agar dapat terjalin hubungan sosial remaja yang baik, peranan rasa setia kawan sangatlah dibutuhkan. Sebab kesadaran inilah yang dapat membuat kehidupan remaja menjadi tentram dan membuat remaja menjadi remaja yang sehat.

Kita juga harus bisa membedakan mana hal yang baik dengan hal yang buruk dari lingkungan sekitar kita, jika ada teman kita yang merokok, jangan kita ikuti dan teman kita tersebut harus diberi nasihat agar menjadi remaja yang sehat.

Agar menjadi remaja yang sehat juga kita juga harus membersihkan, merawat, dan menjaga lingkungan di sekitar kita. Kita juga tidak boleh tukar menukar pakaian. jangan memasang tato, jangan menggunakan jarum suntik yang pernah dipakai oleh teman agar kita tidak tertular penyakit yang diderita oleh teman kita, dsb.

Jika kalian punya pacar, sebaiknya kenalkan ke orang tua, terus pacarannya juga harus sehat. Maskudnya jangan pacaran yang membuat kita jadi rugi dan membawa kita menjadi negatif, jadi pacarannya sewajarnya aja.

Jadi, sekolah dan lingkungan mempunyai peran yang sangat pentingkan dalam membantu kita menjadi remaja sehat?

Saya bangga menjadi remaja sehat! Remaja sehat oke luar biasa!!!!

Tentang penulis:

Juara 10 Karya Terbaik Lomba Menulis LOLIPOP

Fauziyyah Azzahra, SMK Negeri 1 Bandung

1 Likes
1837 Views

Leave A Comment

Please enter your name. Please enter an valid email address. Please enter message.