Apasih gaya hidup?

Gaya hidup merupakan suatu perilaku atau tindakan yang kita lakukan dalam hidup. Gaya hidup antara daerah satu dengan daerah lainnya berbeda bahkan antara orang satu dengan orang lainnya juga berbeda. Di era modern seperti sekarang ini, banyak pilihan gaya hidup so pintar-pintarnya kita saja dalam memilih apakah menginginkan gaya hidup yang sehat atau sebaliknya. Kalau kita melihat gaya hidup anak sekarang apakah sudah menganut paham gaya hidup sehat?

Jawaban yang sulit bukan? Sebagian anak remaja di Bandung mengikuti gaya hidup modern yang pastinya memiliki efek positif dan efek negatif. Efek positif dari gaya hidup modern adalah kita jadi lebih mengetahui informasi dunia melalui media sosial, dengan internet dapat memperoleh pengetahuan juga menjadi panduan dalam belajar dan dapat mendekatkan orang yang jauh dari kita melalui berbagai teknologi yang semakin maju. Itulah beberapa dampak posiifnya berbeda kalau kita bicara dampak burknya banyak sekali mulai dari pergaulan bebas dimana anak dan remaja mengikuti gaya modern melihat pergaulan dari berbagai negara dan menerapan dikehidupan mereka tanpa ada kontrol dan filter yang dapat mengakibatkan anak yang belum cukup umur coba-coba merokok, minum akohol,sering keluar malam, hamil diluar nikah, seks bebas, narkoba dan dampak lainnya.

Tak dapat dipungkiri bahwa permasalahan seperti itu sudahada sejak dahulu namun saat ini presentasinya meningkat dari tahun ketahun dan ironisnya pelakunya anak dan remaja.

Anak yang menerapkan gaya hidup modern cenderung cuek dan acuh dengan keadaan sekitar. Rasa kepeduliaan terhadap sesama memudar karena mereka asyik dengan dunianya masng-masing. Kalau istilah anak sekarang sih “elo-elo gue-gue”. Anak sekarang juga mudah sekali terbawa arus yang sedang booming di masyarkat (ikut ikuan biar bisa dibilang anak gaul)

Bagaimanasih seharusnya gaya hidup yang sehat ala anak Bandung ?

Bandung adalah ibu kota Jawa Barat dan merupakan kota besar di Indonesia yang warga masyarakatnya khuusnya anak dan remaja menganut paham gaya hidup modern. Seperti pemaparan sebelumnya ada dampak positif dan negatif dari gaya hidup yang sekarang digemari anak dan remaja. Tindakan yang sekarang digandrungi oleh anak dapat kita saring mana yang baik dan mana yang seharusnya kita lakukan. Saya gadis 20 tahun yang menghabiskan masa kecil dikota kecil yang baru 2,5 tahun tinggal di kota kembang memandang ada beberapa gaya hidup sehat yang harus diterapkan oleh anak Bandung. Berikut adalag tips gaya hidup sehat anak :

  1. Menjaga pergaulan dan memiih teman

Anak dan remaja sangat rentan terhadap pergaulan karena difase tersebut rasa ingin tahu meningkat. Hal yang harus dilakukan adalah menjaga pergaulan dengan memilih teman yang dapat memberi dampak positif kepada kita misalnya memilih teman ynag pintar, teman yang memiliki prinsip yang sama yang dapat melindungi diri, saling mengingatkan bukan teman yang membawa kita ke lembah kemaksiatan atau kearah negatif. Misalnya teman yang mengajakan kepada kita tentang merokok, minum alkohol maupun seks bebas.

Selain memilih teman, anak juga harus dibekali pengetahuan yang cukup dari orang tua dan sekolah tentang bagaimana memilih teman yang baik karena hakekatnya keluarga adalah pihak ynag memantau sekaligus bertanggung jawab penuh terhadap kehidupan dan tumbuh kembang anak. Dalam hal ini anak harus dekat dengan keluarga terlebih orang tua. Sekolah juga memiliki peranan penting karena anak menghabiskan banyak waktunya disekolah, selain sebagai tempat bergaul sekolah harus menjadi tempat dalam mengontrol pergaulan.

  1. Pintar menyaring informasi

Informasi di era modern seperti saat ini bisa diperoleh dengan mudah. Namun sayangnya di era sekarang banyak sekali informasi negatif yang diterima anak baik dari teman maupun dari media massa. Untuk menjadi anak yang memiliki gaya hidup sehat wajib memiliki filter untuk dapat memilah dan memilih mana informasi yang penting dan tidak penting dan juga menangkap informasi positif yang akan membawa kemajuan bagi anak.

  1. Memiliki pertahanan diri yang kuat

Gaya hidup sehat identik dengan pertahanan diri karena anak/remaja yang memiliki pertahanan diri kuat akan terhindar dari hal-hal yang bersifat negatif. Pertahanan diri dapat membawa anak menjadi kuat terhadap berbagai gaya hidup tidak sehat yang mungkin akan menghampiri duania anak. Anak yang memiliki pertahanan diri kuat tidak mudah terpengaruh terhadap hal-hal yang akan membawa kearah negatif. Untuk mendapat pertahanan diri yang kuat dibutuhkan mental yang kuat dan perlu juga belajar dari pengalaman sendiri maupun belajar dari orang lain yang memiliki lebih banyak pengalaman.

  1. Memiliki kepribadian yang baik

Ada segi positif dan negatif dari anak yang memiliki kepribadian baik. Dampak positif dari kepribadian yang baik adalah memiliki banyak teman, disayang banyak orang, dan selalu dipercaya orang lain. Sedangkan hal negatif dari mempunyai kepribadian baik adalah karena kebaikannya maka sering dimanfaatkan oleh teman-temannya, anak ynag baik susah menolak permintaan temannya apabila memerlukan bantuan.

Walaupun ada hal negatif yang mungkin terjadi namun kepribadian yang baik harus tetap diterapkan oleh anak. Bukan hanya sikap, perilaku, perkataan namun juga pikiran positif menjadi hal yang penting untuk bergaya hidup yang sehat. Setidaknya jika kita memiliki kepribadian ynag baik maka perlakuan orang lain kepada kita juga akan baik.

  1. Menerapkan sopan santun dan tata krama

Saat ini sopan santun dan tata krama anak terhadap orang lain terlebih kepada orang yang lebih tua semakin memudar. Tata krama dan sopan santun diperlukan untuk memupuk rasa menghormati sehingga akan memunculkan kebersamaan, kedekatan dan merasa lebih dihargai.

Tata krama dibutuhkan dalam gaya hidup supaya anak memiliki etika dan sopan santun dalam bertindak,berperilaku maupun berucap. Dengan adanya tata krama anak akan berperilaku baik dengan mematuhi aturan dan dapat memilih hal yang harusnya dilakukan dan tidak harus dilakukan.

  1. Menjunjung tinggi pancasila (mencintai bangsa)

Pancasila merupakan dasar negara indonesia dan menerapkan apa yang tercantum dalam setiap butir sila-sila merupakan kewajiban seluruh rakyat indonesia termasuk anak dan remaja. Dengan menerapkan pancasila membuat anak menjadi pribadi yang taat,patuh dan pastinya memiliki gaya hidup yang sehat. Selain hal tersebut, dengan mengimplikasikan apa yang tercantum dalam pancasila maka ajaran agama yang mendasi pondasi kehidupan akan dilaksanakan, memperlakukan semua orang dengan baik dan memanusiakan, menyukai persatuan dan perdamaian, menghargai pendapat orang lain dan memperlakukan semua orang dengan adil.

Dengan pengimplikasian yang seperti itu, maka akan terbentuk pribadi atau jati diri yang baik bagi anak dan berpengaruh terhadap gaya hidup anak maupu remaja.

  1. Gaya berpakaian, makanan dan tempat tinggal

Gaya hidup sehat juga berkaitan dengan sehat dalam berpakaian, dalam hal makanan dan juga tempat tinggal. Anak yang menganut gaya hidup sehat akan menggunakan pakaian yang sopan, sesuai tempat, sesuai umur dan pakain yang bersih. Apabila pakaian yang digunakan terlalu terbuka ataupun tidak sesuai maka akan mengundang gunjingan bahkan kajahatan terutama bagi remaja putri.

Gaya hidup sehat dalam hal makanan adalah dengan memilih makanan yang bergizi seimbang disertai olahraga ynag cukup. Umumnya anak sekarang lebih menyukai makanan cepat saji, juckfood, minuman bersoda yang tidak baik untuk kesehatan. Yang terakhir adalah gaya tempat tinggal yang dimaksud disini adalah tempat yang sehat adalah tempat yang memiliki uadra bersih, air bersih dan mendapat sinar matahari yang cukup. Untuk mendapatkan gaya berpakaian,gaya makanan dan tempat tinggal yang baik maka harus menerapkan pola hidup dan gaya hidup yang sehat pula.

  1. Hidup sederhana (apa adanya tidak boros tidak pamer)

Sederhana berarti tidak berlebih tidak juga kurang. Hidup sedehana perlu diterapkan bagi anak mengingat diera modern banyak anak terrpengaruh arus globalisasi yang cenderung hidup bermewah-mewah. Anak perlu hidup sederhana karena dengan sederhana dapat mengajarkan anak berperilaku apa adannya, tidak boros/konsumtif, dan tidak pamer.

Itulah sedikit contoh tentang gaya hidup sehat ala anak Bandung. Anak yang pintar pilih cara hidup yang benar. Hidup yang benar ya dengan gaya hidup sehat. Maju terus generasi muda Bandung. Tunjukkan prestasimu bukan omong kosongmu.

Tentang Penulis:

Juara Tulisan 10 Terbaik LOLIPOP

Iis Lutmawati, Mahasiswi Sekolah Tinggi Kesejahteraan Sosial Bandung

0 Likes
1093 Views

1 Response Comment

  • sehat jasmaniOctober 5, 2016 at 3:00 pm

    tips gaya hidup sehat ala anak bandung semoga jadi dorongan bagi anak di daerah lainnya. agar tercipta indonesia sehat

    Reply

Leave A Comment

Please enter your name. Please enter an valid email address. Please enter message.