Bagaimana menular dan mencegah

Virus HIV terkonsentrasi tinggi pada carian tubuh berikut : darah, air susu, cairan vagina, & cairan sprema. Dan HIV hanya dapat ditularkan dengan 4 buah syarat , 4 syarat ini dikenal dengan nama konsep penularan ESSE :

  • E – Exit, terdapat virus yang keluar dari tubuh orang yang hidup dengan HIV
  • S – Survival, virus harus dapat bertahan hidup. Virus HIV merupakan salah satu virus yang sulit bertahan hidup ketika telah berada diluar tubuh manusia.
  • S – Sufficient, jumlah virus harus cukup
  • E – Enter, terdapat pintu masuk ke tubuh manusia.

Dengan 4 syarat diatas, maka HIV dapat ditularkan melalui melalui hubungan seksual tanpa menggunakan kondom, menggunakan alat suntik tidak steril secara bergantian, dari orang tua ke anak. HIV tidak ditularkan melalui kontak social seperti berpelukan, berjabat tangan, bersosialisasi bersama, dan lain halnya.

HIV dan Infeksi Menular Seksual lain tidak bisa dicegah dengan meminum obat antibiotic. Penggunaan kondom secara konsisten dan menggunakan jarum suntik sekali pakai masih merupakan strategi pencegahan yang dianjurkan bagi kelompok remaja populasi kunci atau remaja yang telah memiliki perilaku beresiko. Dengan adanya pendekatan SUFA (Strategic Use of ARV) atau penggunaan ARV secara strategis, orang dengan HIV termasuk ODHA remaja yang patuh mengkonsumsi ARV akan memiliki jumlah virus yang lebih rendah dan dapat memperkecil resiko penularan baru.