“jangan nilai aku buruk karena pilihanku
sebelum anda tau apa alasanku memilih hal itu”

Ikka Novianti perempuan berusia 22tahun yang hobinya traveling, kuliner dan bernyanyi ini adalah salah satu anggota OPSI (Organisasi perubahan sosial indonesia), Jaringan pekerja seks yang berdiri sejak tahun 2009 dan Ikka sendiri telah bergabung selama satu tahun di OPSI untuk memperjuangkan hak-hak pekerja seks dan mendorong pekerja seks remaja agar terlibat aktif dalam penanggulangan IMS dan HIV.

Kenapa Ikka ada di jaringan Pekerja seks? Ikka telah menjadi pekerja seks sejak usia 18 tahun sebagai mata pencaharian untuk biaya kuliah sendiri. Namun setelah bergabung di OPSI ia lebih fokus untuk terlbat di organisasi dan hanya menjalani kerja seks secara freelance. Ikka memutuskan bergabung dengan OPSI karena ingin belajar tentang dunia organisasi terlebih lagi dengan isu HIV untuk pekerja seks remaja meski awalnya dia hanya coba-coba masuk ke organisasi ini.

Ikka memiliki sebuah pesan bagi kawan-kawan remaja diluar sana. “menjadi pekerja seks adalah pekerjaan yang tidak mudah. Sudahkah teman-teman pekerja seks muda paham tentang kerentanan terhadap IMS dan HIV serta membekali diri dengan informasi kesehatan seksual dan reproduksinya ? “ dan Ikka berharap pekerja seks muda memiliki tanggung jawab dalam upaya penanggulangan IMS dan HIV.

4 Likes
989 Views

Comments are closed.